Kegiatan Logistik Penjualan dalam Sistem ERP
Proses sales order merupakan skenario yang
menjelaskan proses secara lengkap, dimulai dari pra-kegiatan penjualan, pindah
ke penciptaan sales order, lanjut dengan pemenuhan pesanan penjualan, dan
berakhir dengan faktur dari pesanan penjualan dan paralel proses penciptaan
posting di akuntansi keuangan.
Sales activities
1. 1. Sales Order: Order
penjualan dapat mengadopsi informasi dari pra-penjualan dokumen. perjanjian
penjadwalan penjualan atau kontrak penjualan juga dapat dibuat dengan mengacu
pada order penjualan dan didukung oleh langkah-langkah proses penjualan.Sumber
data untuk sales order document berasal dari pre-sales activities.
Menerapkan
informasi dari aktivitas sebelum-penjualan. Persetujuan penjadwalan Penjualan
atau kontrak penjualan dibuat dengan mengacu pada SO. sales Order Fungsi
dasarnya dapat otomatis atau petunjuk proses.Data formulir hasil fungsi dasar
tersimpan dalam penjualan dokumen.Dokumen yang
digunakan untuk merekam pesanan dari konsumen atau pelanggan. Ketepatan dalam
penginputan data dalam dokumen ini berguna untuk memastikan bahwa tidak ada
pesanan konsumen yang salah catat, salah antar atau terlambat dikirim.
Fungsi-fungsi
dasar dalam Sales Order:
a)
Pemantauan transaksi penjualan
b)
Memeriksa ketersediaan
c)
Mentransfer persyaratan untuk perencanaan
kebutuhan material (MRP)
d)
Penjadwalan pengiriman
e)
Menghitung harga dan pajak
f)
Memeriksa batas kredit
g)
Membuat dokumen cetak atau elektronik yang
ditransmisikan
1. 2. Availability Check:
Merupakan fungsionalitas di SAP yang bertugas
untuk memeriksa ketersediaan barang yang dibeli oleh pelanggan. Fungsionalitas
ini memeriksa apakah barang yang diminta pelanggan dapat dipenuhi pada tanggal
yang diinginkan pelanggan. Jika tidak, fungsionalitas ini akan memberikan
alternatif tanggal yang dapat dipenuhi berdasarkan faktor-faktor tertentu yang
telah dikonfigurasi sesuai kebutuhan bisnis. Fungsionalitas ini juga
menyediakan alternatif model pengiriman (delivery) yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan
pelanggan.
pengecekan barang dari pengadaan barang.
Selama penciptaan urutan penjualan, direboisasi material dapat diperiksa untuk
confrim tanggal pengiriman yang diminta pelanggan.
2. 3. Outbond Delivery:
Jika barang pesanan tersedia di gudang, berarti barang bisa dijual, dan
jadwalkan pengiriman barang ke
konsumen.
Dalam pemrosesan pengiriman, prosedur
pengiriman dapat dilakukan:
a.
Persetujuan bisnis
b. Rekaman permintaan bahan khusus.
c.
Tentukan kondisi pengiriman.
Module Pengiriman berfungsi:
1. pemantauan Batas waktu untuk dokumen referensi
2. Membuat
dan proses pengiriman keluar
3. Packing
pengiriman
4. Dukungan Informasi untuk perencanaan
transportasi
5. Mendukung kebutuhan perdagangan luar negeri
6. Mencetak dan mengirimkan dokumen pengiriman
7. Pengolahan barang masalah
8. Pengiriman sedang dalam proses
9. Kegiatan yang masih harus dilakukan
10. Mengidentifikasi kemungkinan kemacetan
11. Dokumen yang mendukung proses pengiriman yaitu
Outbound Delivery (Surat Jalan), shipping activities (picking, packing, transportation
and good issue).
Dalam Shipping function, pengiriman
informasi perencanaan dicatat, status kegiatan pengiriman dipantau, dan data
akumulasi selama proses pengiriman didokumentasikan.
4. Transportation: Pengantar barang.
àTentukan transportasi dan kemasan.Menentukan
alat transportasi apa yang akan digunakan untuk mengirim barang ke konsumen,
dan apakah ada perlakuan dan kemasan khusus yang dibutuhkan untuk pengiriman,
sesuai sifat barangnya.
5. Picking: Tempat
penyerahan barang kepada konsumen. Picking dapat dipenuhi melalui penggunaan
sistem Manajemen Gudang dan transportasi dapat direncanakan dan dilaksanakan.
Sistem
pengaturan pada shipping function:
a. Secara otomatis
b. Secara rutin
c. Secara Manual
a. Secara otomatis
b. Secara rutin
c. Secara Manual
6. Good Issue: Berita
mengelurkan barang.
Fungsi-fungsi yang dijalankan ketika melakukan posting goods issue:
:)Gudang stok bahan tersebut dikurangi dengan jumlah pengiriman
:)Perubahan Nilai yang diposting ke rekening neraca akuntansi persediaan
:) Persyaratan dikurangi dengan jumlah pengiriman
:)Status nomor seri diperbarui
:) Goog issue postingan secara otomatis dicatat dalam aliran dokumen
:) Penentuan Bursa dijalankan untuk saham konsinyasi vendor
:)Sebuah Worklist untuk bukti pengiriman dihasilkan cara melakukan posting goods issue:
:)Secara otomatis (selama pembuatan pengiriman outbound)
:)Secara rutin (pada waktu tertentu)
:) Secara manual (melalui permintaan karyawan)
:)Gudang stok bahan tersebut dikurangi dengan jumlah pengiriman
:)Perubahan Nilai yang diposting ke rekening neraca akuntansi persediaan
:) Persyaratan dikurangi dengan jumlah pengiriman
:)Status nomor seri diperbarui
:) Goog issue postingan secara otomatis dicatat dalam aliran dokumen
:) Penentuan Bursa dijalankan untuk saham konsinyasi vendor
:)Sebuah Worklist untuk bukti pengiriman dihasilkan cara melakukan posting goods issue:
:)Secara otomatis (selama pembuatan pengiriman outbound)
:)Secara rutin (pada waktu tertentu)
:) Secara manual (melalui permintaan karyawan)
7. Billing: Langkah
terakhir dalam proses penjualan, yang juga harus tercermin dalam akuntansi.
Sebagai langkah terakhir dalam proses penjualan, faktur dikeluarkan, yang juga
harus tercermin dalam akuntansi. Informasi tentang penagihan adalah ada Bahasa
pada setiap tahap pemrosesan order dan pengolahan pengiriman.
billing functions:
• Pembuatan faktur berdasarkan pengiriman atau jasa
• Isu memo kredit dan debit dan pro forma invoice
• Membatalkan transaksi penagihan
• Fungsi harga Komprehensif
• Edisi rabat
• Mentransfer data penagihan dengan akuntansi keuangan
Cost and revenue can be posted dengan beberapa cara:
• Pelanggan piutang
• Umum buku besar
• Pendapatan
• Penjualan pemotongan
• Dibayar
• Akun Akrual
• Rekening giro Akrual
8. Payment Processing
Document Flow adalah Dokumen-dokumen penjualan yang Anda buat adalah dokumen individu, tetapi mereka juga dapat menjadi bagian dari rantai dokumen saling terkait.
Document Flow adalah Dokumen-dokumen penjualan yang Anda buat adalah dokumen individu, tetapi mereka juga dapat menjadi bagian dari rantai dokumen saling terkait.
Pembayaran Tagihan oleh Konsumen Setelah penyesuaian
tagihan beres, konsumen akan membayar pada perusahaan. Bagian keuangan
perusahaan yang akan mengurusi pembayaran ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar