Senin, 18 November 2013

kegiatan akutansi keuangan dan akutansi manajemen

1.akutansi keuangan
akutansi keuangan adalah akutansi yang menghasilkan informasi dalam bentuk laporan keuangan yang ditujukan pada pihak-pihak luar seperti pajak.

2. akutansi manajemen
akutansi manajemen adalah laporan keuangan yang disusun untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh pihak manajemen untuk perencanaan dan pengendalian kegiatan operasional serta perhitngan biaya.

bagian dari financial accounting adalah sebagai berikut
1. general ledger
aktivitas - aktivitas dari general ledger sebagai berikut
a.  penggunaan biaya dan transaksi keuangan berdasarkan kelompok tertentu
b.  Operational transactions
              eq. goods issue cause material issue posting
          c.  Posting transaction in subsidiary ledger
               eq. assets acquisition in fixed assets
          d. Transaction originally assigned to the G/L

       share database mean:
           a. pembuatan data yang tidak rendundanci(double)
           b. Dokumentasi dan sistem review yang dapat diverifikasi secara jelas setiap saat
           c. Lengkapi akses ke semua aplikasi sistem informasi pelaporan yang dapat sepenuhnya di sesuaikan

       Dalam Accounting Documents kita dapat memeriksa apakah posting benar dalam jurnal, kompak dan buku besar umum dengan cara dokumen.Oleh karena itu setiap postingan harus memiliki dokumen terdiri dari header dokumen dan setidaknya dua item baris.

         Chart Of Account adalah satu daftar rangkaian akun-akun yang sudah dibuat atau disusun secara sistematis dan teratur dengan menggunakan simbol-simbol huruf, angka, atau panduan antara keduanya yang bermanfaat untuk membantu pemrosesan data, baik secara manual maupun terkomputerisasi, agar lebih mudah diproses, dikontrol, dan dilaporkan.

           SAP R/3 Accounting System : Sistem Akuntansi dengan berbagai sub-unit adalah bagian penting dari solusi SAP. Integrasi dari berbagai aspek akuntansi satu sama lain dan dengan logistik dan aplikasi sumber daya manusia menjadi alat manajemen untuk semua départemen perusahaan. Antarmuka dengan rantai logistik dari pengadaan untuk penjualan memungkinkan optimalisasi proses operasional. Efisiensi solusi semacam ini meningkat dengan memasukkan proses bisnis lintas-perusahaan dengan pelanggan, pemasok, atau institusi. (SAP01 Fundamental, 2006, hal. 5-3)

             Komponen SAP R/3 :
                  •Financial Accounting (FI)
                  •Corporate Finance Management
                  •Profitability and Sales Accounting
                  •Product Cost Controlling
                  •Overhead Cost Controlling
                  •Investment Management (IM)
                  •Project Management



Tidak ada komentar:

Posting Komentar